Minggu, 21 Oktober 2018

7 Manfaat Penting Temulawak Yang Wajib Kamu Ketahui

Temulawak kering


Temulawak adalah salah satu hasil bumi yang menjadi kekayaan alam Indonesia.  Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma Xanthorriza di kenal sebagai salah satu tanaman obat keluarga yang dipercaya masyarakat mampu meningkatkan nafsu makan. Awalnya tanaman ini tumbuh di hutan dan di kebun-kebun penduduk secara liar, kemudian seiring perkembangan teknologi kebutuhannya kian meningkat.  Produsen jamu gendong maupun UKM dan perusahaan suplemen kesehatan mulai memburunya untuk dijadikan salahsatu bahan baku dalam memproduksi jamu dan minuman kesehatan.  Antara kebutuhan dan ketersediaan mulai tidak imbang.  Akhirnya para petani pun menangkap kondisi ini sebagai peluang bisnis dan mulai membudidayakannya secara besar untuk memenuhi kebutuhan pasar.  Temulawak sendiri dikenal dengan banyak nama ada yang menyebutnya Curcuma javanais, temu lawa, maupun tewon lawa.

Kandungan Pada Temulawak

Hmm ..keren ya bunda, sebenarnya kandungan apa yang terdapat di dalam temulawak sehingga  para pengusaha tertarik untuk memproduksinya secara massal?  Ternyata nih bunda, alasannya adalah khasiat dari zat yang terkandung dalam temulawak sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan organ hati dan pencernaan.  Bahkan temulawak juga digunakan sebagai bahan baku kosmetik untuk menunjang kecantikan wanita Indonesia.
Jadi penasaran ya bunda, kandungan apa saja sih yang dimaksud?
Menurut literatur yang saya baca, temulawak yang dikenal dengan sebutan ginseng Indonesia memiliki kandungan antioksidan, kurkumin, minyak atsiri, karbohidrat, Magnesium, protein, besi, mangan, Kalium, dan kadmiun. Minyak atsiri inilah yang diduga mampu mengobati berbagai keluhan kesehatan, sebab di dalamnya terkandug phelandren, borneol, kamfer, xanthorrizol, tumerol, serta sineal. Kandungan kurkumin mencapai 1.6% - 2.22 % berdasarkan berat keringnya.  Kandungan zat-zat tersebut dinyatakan mampu menurunkan nilai SGOT dan SGPT dalam darah hingga tingkat normal.
Dalam sebuah jurnal Alternative and complementary Medicine disebutkan bahwa temulawak memiliki efek seperti ibuprofen pada pasien osteoarthritis. Menurut hasil riset pada tahun 2001, temulawak dapat membantu pengobatan pada pasien yang terkena kanker prostat, kanker payudara dan kanker usus.


7 Manfaat Penting Temulawak Yang Wajib Kamu Ketahui

Khasiat dan kegunaan temulawak telah dipercaya secara turun temurun.  Sebagai salah satu tanaman berkhasiat obat, temulawak banyak digunakan para orangtua untuk mengatasi gangguan lambung dan penyakit empedu.  Selain itu temulawak juga dipercaya memiliki 7 manfaat penting yang wajib kamu ketahui.  Apakah itu?
  1. Mengatasi syndrom iritasi usus besar
  2. Mengobati penyakit empedu
  3. menghilangkan kembung
  4. menambah nafsu makan
  5. Mengobati penyakit liver
  6. mengatasi Osteoarthritis
  7. Mencegah dan membantu pengobatan kanker
Wiihh.. banyak banget ya manfaatnya Bunda. Apa bunda sudah pernah membuktikannya?  Saya sudah bunda, dulu saya susah makan, badan saya ramping sekali, kemudian ibu menyarankan saya untuk minum ramuan temulawak yang disajikannya.  Rasanya njetar di lidah kalau buat saya dan agak pahit, karena itu ibu menambahkan madu pada rebusan temulawak tersebut.  Saya minumnya sambil tutup hidung loh bun biar ngga mual.  Nafsu makan sih mulai membaik tapi karena saya repot banget dan tidak sempat bikin ramuan akhirnya males.
Nah awal tahun lalu seorang teman menyuguhkan herbadrink sari temulawak instan.  Rasanya soft banget, tidak pahit dan tidak njetar.  Bikin saya ketagihan loh.  Apalagi nih herbadrink sari temulawak memiliki banyak manfaat kesehatan, dan penyajiannya praktis banget sehingga sesibuk apapun saya bisa mengkonsumsinya.  Tinggal gunting dan tuang lalu tambahkan air panas ataupun air dingin.  Suka - suka bunda aja.
Oh iya herbadrink sari temulawak ini juga terjangkau harganya.  Bayangkan kalau misalnya kita harus mengeluarkan jutaan rupiah untuk pengobatan?  Belum lagi waktu yang tersita banyak dan harus tinggal di rumah sakit.  Akan begitu banyak hal yang kita korbankan, jadi sebelum semua terjadi kita harus ubah pola hidup kita menjadi lebih sehat dengan mengkonsumsi minuman-minuman yang menyehatkan seperti herbadrink.  Jangan lupa banyak minum air putih setiap hari yaa dan istirahat yang cukup supaya kondisi tubuh selalu fit

Bagaimana keamanannya?

Sebagai obat herbal tentunya minuman ini juga memiliki efek samping sama seperti obat medis.  Oleh karena itu penggunaannya tidak boleh terus menerus.  Jadi sebaiknya kasih jeda yaa.  Satu hal lagi yang perlu dijadikan catatan minuman ini tidak disarankan untuk anak di bawah 10 tahun ataupun untuk wanita menyusui

Tidak ada komentar:

Posting Komentar